4 Perkakas Kayu Untuk Pemula yang Hobi Custom Wood Work – Buat kamu yang ingin berkreasi dengan barang-barang furniture di rumah kamu, atau sekedar memperbaikinya. Ini peralatan kayu yang wajib kamu punya untuk memulai menggeluti custom wood work.

Saya sering dapat pertanyaan dari teman-teman mengenai perkakas apa saja yang mesti dibeli khususnya buat pemula yang baru memulai hobi di perkayuan. Sebenarnya sih jawabannya itu tergantung, tergantung karya yang akan dibuat, dana, dan bahan apa yang akan sering digunakan.

custom wood work

Saya akan coba tulis beberapa alat atau perkakas umum yang dibutuhkan, berdasarkan pengalaman saya.

1. Alat Ukur

Mungkin ini yang pertama dan paling utama ya, repot kalau kita tidak punya alat ukur, ya minimal punya satu meteran atau penggaris. Mungkin nanti bisa dilengkapi dengan penggaris siku (Speed Square), jangka, dan lain sebagainya.

2. Alat Potong (Dipegang)

Ini penting, karena tanpa gergaji susah untuk menyiapkan kayu. Alat potong ini bisa gergaji manual, bisa jigsaw atau circular tangan, diperhatikan bahan atau kayu apa yang akan sering digunakan dan jenis karyanya.

Untuk kayu-kayu lunak atau karya-karya yang dinamis, saya sarankan sediakan jigsaw terlebih dahulu baru berikutnya circular saw. Atau bisa langsung beli circular saw kalau mau coba membuat table saw sendiri.

3. Clamp/Catok

Setelah bahan dipotong dan disiapkan, selanjutnya perakitan, catok ini sangat membantu dalam proses ini. Ada banyak jenis catok yang ada, saya sarankan pertama beli F-clamp. Lalu C-clamp baru nanti dilengkapi dengan Belt Clamp dan lain sebagainya.

4. Bor

Penting, saran saya beli dulu yang pakai kabel, munhgkin ini bukan alat khusus kayu tapi kalau menurut saya, bor kabel itu salah satu alat yang harus ada dirumah.

Nah itu tadi 4 Perkakas Kayu Untuk Pemula yang Hobi Custom Wood Work, semoga bisa menjadi informasi bagi Anda. Tertarik jasa desain interior? Mau pesan interior atau memesan jasa professional kami kunjungi halaman website kami di Furniturefurnish.co.id. Jangan lupa ikuti terus perkembangan artikel pada website ini karena banyak sekali memberikan informasi seputar furniture dan interior desain rumah Anda, sampai jumpa dipembahasan artikel selanjutnya.