Jika kalian pernah berkunjung ke rumah bermain, kalian tentu tahu rasanya berjalan melewati sebuah ruangan yang tidak seimbang. Namun seringkali didalam dekorasi interior rumah, keseimbangan desain adalah sesuatu yang sering terlewatkan. Bagaimanapun juga, kecuali kalian memiliki masalah fondasi yang serius, ruangan kalian tentunya tidak akan merasakan apa yang kalian rasakan ketika melewati rumah bermain.

Namun keseimbangan desain dalam mendekorasi adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan pada tahap awal perancangan desain ruangan. Tanpa keseimbangan yang tepat, sebuah ruangan dapat membuat penghuninya merasa tidak nyaman dan gelisah.

Faktanya, keseimbangan didalam sebuah ruangan lebih tentang emosi ketimbang sebuah desain. Keseimbangan desain yang baik memberikan rasa stabil dan ketenangan. Lebih spesifiknya, keseimbangan adalah sebuah bagian dari desain yang memanggil perasaan tenang didalam sebuah ruangan. Tidak ada yang terasa aneh, berat sebelah atau tidak seimbang.

decor interior

Jadi bagaimana caranya untuk mendapatkan keseimbangan desain yang baik didalam sebuah ruangan? Menciptakan sebuah ruang yang seimbang dan harmonis tergantung pada 3 hal : peletakan mebel furniture dan dekorasi, permainan warna dan tekstur, dan skala serta proporsi dari perabotan mebel dan dekorasi.

Dibawah ini adalah beberapa saran dan tips untuk menciptakan sebuah ruangan yang seimbang :

Peletakan Perabotan Furniture dan Hiasan Dekorasi

Terapkan Beberapa Tingkatan Ketinggian Yang Bervariasi : Sebuah ruangan yang perabotan mebel dan dekorasinya berada pada satu tingkatan akan kekurangan daya tarik. Ketika kalian meletakkan perabotan furniture kedalam ruangan, letakkan perabotan perabotan yang tinggi berdekatan dengan perabotan yang pendek. Jika kursi sofa kalian memiliki sandaran belakang yang rendah, tambahkan sebuah furniture yang lebih tinggi seperti lemari pakaian atau rak buku. Aturan yang sama berlaku untuk dekorasi berukuran kecil. Dengan hiasan dekorasi yang kecil, gunakan rasio 3:1. Contohnya, tiga vas bunga yang tingginya berbeda beda disatukan bersama dan diseimbangkan oleh sebuah objek hiasan dekorasi yang lebih besar diseberang sisi perapian atau rak akan menciptakan desain yang mencolok.

Gunakan Warna dan Tekstur​

Jangan Disamakan Tapi Gabungkan: Salah satu ciri dari perancang amatir adalah sebuah ruangan yang segala sesuatunya cocok satu sama lain dengan sempurna. Jangan mencari kesempurnaan namun usahakan untuk menciptakan suasana. Sebagai contoh, seimbangkan warna warna yang mencolok dengan sebuah pola besar yang berpadu tapi tidak sama persis, atau seimbangkan warna cerah dengan warna adem yang bertekstur. Atau pilih corak warna yang sama namun sedikit berbeda dalam inttensitasnya dan sebar secara merata disekeliling ruangan kalian.

Memainkan Kontras: Rumah terlihat dirancang dengan professional ketika elemen elemen baru tercampur dengan yang lama, kontras yang halus dengan yang kasar, kalian pasti paham.

Sebarkan: Jangan menjadikan satu sisi ruangan berwarna warni atau hanya menggunakan satu warna untuk keseluruhan ruangan. Pilihlah dua sampai tiga warna untuk palett ruangan kalian, dan pastikan untuk menyebarkan warna warna itu diseluruh penjuru ruanganmu. Ini akan membawa pandangan keseluruh ruangan dan menjaganya tetap menarik.

Nah itu tadi Tips dan Trik Mendapatkan Keseimbangan Design Interior Ruangan yang Seimbangsemoga bisa menjadi informasi bagi Anda. Tertarik jasa desain interior? Mau pesan interior atau memesan jasa professional kami kunjungi halaman website kami di Furniturefurnish.co.id. Jangan lupa ikuti terus perkembangan artikel pada website ini karena banyak sekali memberikan informasi seputar furniture dan interior desain rumah Anda, sampai jumpa dipembahasan artikel selanjutnya.