Tips dan Trik Memilih Kayu Untuk Pembuatan Furniture Custom – Kembali lagi di Furniturefurnish, kali Ini kita akan membahas tips dan trik memilih kayu furniture custom. Sebelum masuk ke tips dan trik memilih kayu. Kita akan membahas dulu jenis kayu apa sih yang sering digunakan oleh Furniturefurnish?

furniture custom

furniture custom

1. Kayu Pinus

Kayu Pinus memiliki motif yang sangat bagus, serta warnanya yang cerah jadi bisa dimainkan untuk permainan warnanya dari warna muda sampai yang tertua. Kekurangan kayu pinus itu sendiri, mempunyai getah yang sangat banyak jaditidak sembarangan untuk bermain warna.

Untuk ukurannya sendiri kayu pinus memiliki ukuran yang sangat besar tidak selebar kayu-kayu pada umumnya. Kayu pinus sendiri, biasanya digunakan untuk berbagai macam furniture cuman kebanyakan kayu pinus digunakan untuk hiasan seperti kaligrafi.

2. Kayu Jati

Kayu jati, merupakan kayu yang sangat popular di Indonesia memiliki motif yang sangat bagus. Bentuk padatan kayunya sendiri cukup kuat, dan untuk di Indonesia stoknya sangat banyak mudah ditemui dimana-mana. Untuk kekurangannya, kayu jati ini memiliki banyak getah sama seperti kayu pinus serta warnanya cenderung agak gelap.

Bagi pengrajin jenis kayu ini sangat susah untuk dibentuk sesuai keinginan, untuk harganya sendiri relative lebih mahal dari kayu-kayu yang lainnya. Kayu jati biasa digunakan untuk meja, kursi, kusen pintu serta bisa untuk lainnya.

3. Kayu Trembesi

Kayu ini di Indonesia, sudah mulai jarang tidak semua tempat mempunyai kayu ini. Varian ukuran kayu ini berbeda-beda ada ukuran jumbonya juga. Kekurangan dari kayu ini yakni kepadatannya kurang kualitasnya di bawah kayu jati serta untuk stoknya harus inden tidak segampang mencari kayu jati.

Next, kita akan berbagi tips dan trik memilih kayu untuk pembuatan furniture custome

  1. Untuk Kayu Jati
  • Sebelum memilihi lhat terlebih dahulu pori-pori kayu.
  • Pilih kayuyang padat hindari memilih kayu yang usianya muda karena kayu yang muda kurang kuat dan banyak mengandung banyak air.
  • Jangan pilih kayu yang berlubang, selain mengurangi keindahan pada tampilan produk untuk kayu jati pilih kayu yang tampilannya menawan agak gelap.
  • Hindari kayu jati yang memiliki mata mati karena, berpotensi pecah dan retak lebih tinggi.
  1. Untuk Kayu Trembesi
  • Pastikan pilih kayu yang benar-benar sudah tua.
  • Memilih kayu yang kondisinya kuat danb kering.
  1. Untuk Kayu Pinus
  • Pastikan kayu masih kokoh.
  • Bentangnya tidak boleh terlalu lebar.
  • Pastikan desainnya disesuaikan dengan spesifikasi barang yang akan dibuat.

Sekian pembahasan dalam artikel kali ini semoga dapat memberikan informasi serta menambah wawasan seputar jasa pembuatan furniture. Jangan lupa ikuti terus perkembangannya karena banyak sekali informasi yang bisa kami berikan hanya untuk Anda kunjungi juga website kami di Furniturefurnish.co.id. Sampai jumpa dipembahasan artikel selanjutnya.